BEDA BULU MACAN BASALTIC DAN SERAPHINITE
(sumber jawapos,21 sep 2015, hal.8)



21 September 2015 pk 9:55

BULU MACAN MERUPAKAN BATU AKIK YANG CUKUP POPULER DI MASYARAKAT.


Di pasaran, jenis batu bulu macan dekenal sebagai basaltik ( basaltic glass ) dan seraphinite .
Padahal keduanya merupakan batuan yang berbeda yang terbentuk oleh genesis (asal mula jadi) yang berbeda.
Basaltic glass atau tachylite merupakan fase gelas dari basalt. Basalt sendiri merupakan jenis batuan beku basa yang tersusun atasmineral-mineral seperti plagioklas, piroksen, dan olivin.
Basaltic glass berwarna hitam, memiliki kilap seperti damar, dan sangat bersifat rapuh.
Teksturnya vesikuler (terdapat lubang-lubang gas) atau bisa juga spherulitic (kristal-kristalnya berupa serabut). Kristal feldspar dan olivinnya dapat dilihat dengan mata telanjang.
Basaltic umumnya berada dalam bentuk bongkahan material vulkanis yang terlontar keluar dari lubang kepundan gunung api. Tachylite juga bisa berada dalam bentuk aliran lava seperti yang terdapat di kepulauan Hawaii (Fenton, 1940:122).


Seraphinite disini bukan lain merupakan batuan beku layaknya basaltic glass.
Seraphinite merupakan varietas dari clinochlore yang merupakan kelompok mineral klorit .
Seraphinite berwarna hijau gelap hingga abu-abu yang kontras dengan serat2nya yang berwarna keperakan dan bersinar ketika kena cahaya.
Seraphinite hanya memiliki tingkat kekerasan yang rendah, hanya 2 - 2,5 skala mohs. Tingkat ketembusan cahaya seraphinite adalah transparan-opak ( tidak tembus cahaya ). Kilap seraphinite bisa seperti mutiara, kaca atau lemak. Sistem kristalnya monoklin dan belahannya sempurna.


Cara mudah membedakan basaltik dan sheraphinit adalah dengan melihat tingkat kekerasannya, seraphinit 2 - 2,5 skala mohs dan basaltic 5 - 5,5 skala mohs, basaltic dapat menggores seraphinit sebaliknya seraphite tdak dapat menggores basaltic glass. Seraphinite bahkan bisa digores dengan coin tembaga.


Semoga bermanfaat.