PERAWATAN BATU BACAN PROSES



Batu bacan doko ataupun palamea adalah jenis batu yang mengandung nilai cukup tinggi dan merupakan batu hidup. Jika membeli batu bacan yang sudah terproses dan telah mengkristal tembus cahaya nilai harganya sangat sangat mahal bisa sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Banyak orang melakukan investasi dengan batu bacan lebih codong membeli batu bacan perawatan yang masih berproses karena harganya relatif tidak mahal. Berikut ini adalah cara peratawatan batu bacan yang masih berproses.


1. Pakailah terus batu cincin bacan Anda agar bisa terkena hangat suhu tubuh.
Suhu tubuh yang menyalur kebatu akan membantu proses kristalisasi.
2. Usahakan menggosok batu dengan kulit sapi secara berkala (Kulit sapi banyak dijual oleh penjual batu akik), disamping untuk mengkilapkan, panas yang dihasilkan dari gesekan batu dengan kulit akan mempercepat proses pengkristalan. Cara menggosok harus searah.
3. Sekali seminggu jemur batu dengan sinar matahari, baiknya dipagi hari kurang lebih 3-6 jam. Panas dari sinar matahari akan memperccepat batu bacan menjadi tua (kristal)
4. Usahakan menjemur dihari libur agar bisa memantaunya, atau bsa juga letakkan batu bacan Anda diatas televisi untuk mendapatkan aliran panas dari bawahnya
5. Gunakan baby oil ataupun Tonny's oil agar keindahan dan kilap batu tetap terjaga.


Semoga batu bacan anda bisa menjadi batu yang memiliki kualitas nilai yang tinggi.