JANGAN SAMPAI TERTIPU SAAT MEMBELI BATU AKIK, CEK KEASLIANNYA DENGAN 5 CARA INI !



1. Mengajak orang yang sudah kenal akrab dengan batu akik

Toppers masih newbie dan baru mau terjun ke dunia batu akik? Jika iya, sebaiknya kamu belajar dari orang-orang yang sudah lebih lama berkenalan dengan batu mulia ini. Tanyakan info selengkap mungkin tentang batu akik kepada mereka, mulai dari jenis, warna hingga harga batu akik asli yang dijual di pasaran. Dengan adanya pengetahuan tentang batu akik, tentu akan meminimalisir resiko kamu jadi korban penipuan para penjual batu akik palsu.

2. Bawa alat bantu untuk mengecek keaslian batu akik

Jika tidak bisa kenalan yang sudah fasih dalam membedakan batu akik asli dengan yang palsu, kamu bisa menggunakan alat bantu untuk mengecek keaslian batu akik, seperti senter, kaca pembesar dan mikroskop mini. Namun agar lebih akurat, penggunaan mikroskop mini sangat disarankan dibanding dengan senter dan kaca pembesar. Pasalnya, alat yang dibuat khusus untuk mengecek keaslian batu akik ini memiliki fokus pembesaran hingga 50x zoom, bahkan ada juga yang 100x zoom.

3. Periksa kepadatan dan suhu batu akik

Salah satu cara untuk mengetahui apakah batu akik yang akan kamu beli asli atau tidak adalah dengan memeriksa kepadatan dan suhunya. Batu akik yang asli memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi dan akan terasa lebih berat saat dipegang, dibandingkan dengan yang palsu. Untuk memeriksa kepadatan Anda dapat memakai alat diamond selector, semakin padat sebuah batu, semakin mahal harganya. Sementara untuk suhu, batu akik asli memiliki suhu yang lebih rendah dan akan terasa dingin saat dipegang, daripada batu akik palsu. Nah untuk memeriksa suhunya, saat memilih batu akik, kamu bisa menempelkannya ke bagian kulit yang sensitif seperti kulit pipi dan leher. Jika terasa sangat dingin dikulit, kemungkinan batu yang kamu pegang adalah batu akik asli.

4. Panaskan dengan api, dan lihat hasilnya!

Batu akik yang kamu pilih terasa berat dan dingin saat dipegang, tapi kamu masih belum yakin batu tersebut asli? Kamu bisa mengatasi keraguan tersebut dengan melakukan eksperimen kecil dengan membakar batu akik yang kamu pegang. Jika setelah dibakar batu tersebut terlihat gosong dan menghitam, serta meninggalkan bekas yang sulit dihapus, maka hampir bisa dipastikan itu adalah batu akik palsu. Sementara jika setelah dibakar batu akik yang kamu pilih terlihat seperti berminyak, tapi setelah dihapus dengan kain minyaknya hilang dan batu kembali seperti semula, sudah pasti itu adalah batu akik asli. Selain itu, panas pada batu akik asli cenderung tidak tahan lama dan cepat dingin setelah dibakar, sedangkan panas pada batu akik sintetis bertahan lebih lama.

5. Kenali serat batu akik, seratnya alami ataukah buatan

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengecek keaslian batu akik adalah dengan melihat serat-serat yang ada di dalamnya. Jika dilihat dengan alat bantu seperti mikroskop mini, kaca pembesar dan senter, akan terlihat serat-serat alami yang tidak beraturan pada batu akik asli. Serat-serat ini biasanya tidak beraturan karena terbentuk dari proses alami, bukan dibuat-buat.