7 CARA RAHASIA MERAWAT BATU AKIK AGAR TETAP CANTIK DAN MENGKILAP



1. Hindari tempat yang panas

Tidak semua jenis batu akik tahan terhadap panas, ada juga beberapa batu akik yang rentan rusak jika terpapar panas secara langsung. Nah jika kurang memahami tentang jenis dan karakteristik batu akik koleksimu, sebaiknya Toppers menghindari meletakkannya di tempat yang bersuhu panas, apalagi terkena paparan sinar matahari secara langsung. Paparan matahari akan menyebabkan perubahan warna pada batu akik kesayanganmu.

2. Bersihkan dengan kain lembut

Untuk menghindari munculnya goresan pada permukaan batu akik, biasakanlah untuk selalu mengelapnya dengan kain yang lembut. Pastikan pula tidak ada partikel padat yang menempel pada batu ataupun kain yang kamu gunakan. Toppers bisa menggunakan kain kanebo yang dibasahi dengan sedikit air untuk membersihkan batu akik kesayanganmu.

3. Olesi dengan minyak tertentu

Cara mudah lainnya untuk membuat batu akik kesayanganmu tetap terlihat cantik dan mengkilap adalah dengan rutin memoles permukaannya dengan minyak zaitun dan minyak pengkilap akik alami (tidak mengandung bahan kimia) untuk merawat akik permata Anda tetap terawat kilapnyaTonny's Oil dari produk kami. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kilauannya. Kamu cukup meneteskan minyak zaitun pada kain halus atau selembar kapas, kemudian menggosokkannya pada batu akik secara lembut. Sebelum itu, pastikan tidak terdapat partikel kecil pada permukaan batu ataupun kain yang kamu gunakan, untuk menghindari terjadinya goresan yang dapat merusak penampilannya.

Pembelanjaan diatas
Rp 500.000 bonus Tonny's Oil gratis



4. Jauhkan dari hairspray dan parfum

Warna batu akik rentan mengalami kerusakan jika terkena bahan-bahan kimia, termasuk juga bahan kimia yang terkandung pada hairspray, parfum dan kosmetik lainnya. bahan kimia yang terkandung didalamnya akan mengurangi kilauan batu akik sehingga membuat permukaan batu menjadi kusam. Oleh karena itu, hindari untuk meletakkan batu akik di meja rias untuk menghindarinya terkena semprotan parfum atau hairspray. Oyah, jika ingin menggunakan kosmetik, lebih baik kamu memakai batu akik sesudah berdandan.

5. Jangan mencucinya dengan bahan kimia

Sabun, deterjen ataupun pemutih sudah pasti terbuat dari berbagai jenis bahan kimia yang dapat merusak komposisi batu akik. Oleh karena itu, hindari menggunakan ketiga bahan tersebut untuk mencuci batu akik. Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti garam, jeruk lemon, jeruk nipis atau bawang putih. Bahan-bahan alami tentunya akan lebih aman untuk batu akik kesayanganmu karena selain membersihkan, bahan alami ini juga akan membuat kecantikan dan kilauan batu akik tetap terjaga.

6. Simpan di tempat terbuka

Selain dijadikan sebagai perhiasan untuk digunakan, tidak sedikit pula orang yang membeli batu akik hanya untuk dijadikan sebagai pajangan. Nah jika Toppers termasuk orang yang suka mengoleksi batu akik untuk pajangan, usahakan untuk menyimpannya di tempat yang terbuka yah. Menyimpan batu di tempat yang tertutup seperti kotak akrilik dapat menghambat proses pengkristalannya.

7. Lepaskan batu akik saat tidur dan mandi

Saat tidur dan mandi, secara tidak sadar bisa saja kamu membenturkan cincin batu akik-mu ke benda yang keras. Nah untuk menghindari kemungkinan terjadinya benturan yang dapat menyebabkan batu pecah dan tergores, sebaiknya kamu melepaskan batu akik saat sedang tidur ataupun mandi.